Monday, July 17, 2006

Ramli Ibrahim: Segera Laksanakan WASKAT

Dalam rangka tugas pengendalian manajemen dan internal audit, Sekretaris BRR NAD-Nias Ramli Ibrahim mengadakan kunjungan ke Nias, Senin 17 Juli 2006. Pertemuan dengan Kepala BRR Perwakilan Nias William Sabandar, para manager dan satker diadakan di ruang pertemuan BRR Nias, dan kemudian disusul pertemuan terbatas dengan beberap satker dan manajer.

Ramli menekankan pentingnya kontrol internal, dimana para manajer bertanggungjawab melaksanakan pengawasan. Para manajer mengawasi satker dan staf manajer dan para Kasatker mengawasi staff, seperti bendahara, panitia pengadaan dan para kontraktor.

Waskat
Pengawasan Melekat (Waskat) sangat pentig untuk diterapkan segera. Waskat adalah bagian dari manajemen organisasi yang diatur dengan undang-undang. Sebagai bagian dari manajemen oranisasi, maka waskat meliputi proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dan meminta tanggungjawab struktural organisasi untuk bertanggungjawab terhadap proses dan struktur pengawasan secara internal.

Dalam rangka waskat dimaksud, Ramli menakankan pentingnya audit internal perbulan yang dilakukan oleh atasan langsung. Selain itu, ditekankan pentingnya membuat laporan rutin dan catatan-catatan pengelolaan keuangan.

Untu mengurangi adanya temuan-temuan oleh auditor, Ramli meminta agar para manajer dan Kasatker memahami kebijakan-kebijakan dan aturan-aturan. Juga diminta agar, para Kasatker meminta pendapat orang lain jika kurang paham atau ragu-ragu mengambil kebijakan tertentu.

No comments: